Sabtu, 20 Oktober 2012

Biografi Gitaris Joe Satriani

                     Siapa yang tak kenal musisi ini ? Dalam dunia permusikan tentunya musisi ini sering didengung dengungkan sebagai dewa gitar . Bagi saya Joe Satriani adalah sosok inspiratif dalam hal bermusik tentunya , gaya bermainya yang 'unik' selalu memberi inspirasi dalam permainan musik saya dengan tehnik improvisasinya yaitu"Legato" (akan saya bahas lain waktu) . Mungkin disini saya akan membahasa biografi salah satu dewa gitar ini , selamat membaca :)



Nama Lengkap :
Joe Satriani
Tempat/Tgl Lahir :
15 Juli 1956 di Westburry, New York, USA
Group Band Saat Ini :
Joe Satriani
Group Band Sebelumnya :
The Squares
Pengaruh :
Jimi Hendrix, Ritchie Blackmore
Gitar :
Ibanez JS Series
Keahlian :
Tapping, Alternate Picking, dll
Gaya Musik :
Legato , Tapping
Genre :
Rock , Jazz , Semi Rock


Sejarah singkat :
                           Joseph “Joe” Satriani atau “Satch” di lahirkan di Westbury, New York, pada tanggal 15 Juli 1956. Joe Satriani merupakan campuran dari Italia Amerika, Kakek Nenek nya dari sisi Bapak berasal dari Piacenza dan dai sisi Ibu berasal dari Bari. Satriani terinspirasi bermain gitar pada usia empat belas tahun setelah kematian Jimi Hendrik. Dia mendengar berita tersebut di tengah latihan football, dan dia melawan pelatihnya dan mengumumkan bahwa dia berhenti main football dan akan menjadi seorang gitaris.

Pada tahun 1974 Satriani belajar musik dangan gitaris Jazz Billy Bauer dan dengan seorang pianist jazz penyendiri Lennie Tristano. Tuntutan teknis Tristano sangat mempengaruhi permainan Satriani. Dia mulai mengajar gitar, dan murid paling utama nya saat itu adalah Steve Vai yang sesama Asli Long Island. Sementara mengajar Vai, dia menghadiri lima sekolah musik pada saat itu. Pada tahun 1978, dia pindah ke Berkeley, California untuk mengejar karir musik. Segera setelah sampai di California, dia melanjutkan mengajar gitar. Murid-murid nya termasuk Steve Vai , Kirk Hammet yang sekarang adalah gitaris Metallica, David Bryson gitaris Counting Crows, Kevin Cadogan dari Third Eye Blind, Larry LaLonde dari Primus/Possessed, Alex Skolnick dari Testament, Rick Hunolt mantan Exodus, Phil Kettner dari Lääz Rockit, Geoff Tyson dari T-Ride, Charlie Hunter dan David Turin.


                                             
         Salah Satu Konser yang paling saya suka yaitu pada tahun 1996 dan Joe Satriani penggagas konser besar G3, yang berisikan tiga orang Gitaris Instrumental Rock. Line up asli nya adalah Joe Satriani, Steve Vai dan Eric Johnson. Tur G3 tetap berlangsung sesudah perayaan satu tahunnya. Dimana hanya Satriani lah satu-satunya anggota tetap namun masih didampingi oleh gitaris kedua dan ke tiga dengan berbagai gitaris lain. Gitaris-gitaris yang pernah main di G3 antara lain: Yngwie J Malmsteen, John Petrucci, Kenny Wayne Shepperd, Robert Fripp, Andy Timmons, Uli Jon Roth, Michael Schenker, Adrian Legg dan Paul Gilbert .


Sekian , Terimakasih :)



2 komentar:

  1. judul lagunya jooe satriani yang paling ane suka tu kalo gak salah judulnya "Always be with me, Always be with you"

    BalasHapus
  2. yeah dan itu salah satu yang saya suka dari sekian karya musik joe satriani :)

    BalasHapus