Sabtu, 20 Oktober 2012

Ibanez Premium , "Kasta" Baru dalam Lineup Gitar Ibanez .



                    Ibanez adalah produsen gitar listrik maupun gitar akustik yang berbasis di Jepang , sekarang tak hanya di Jepang saja , di China juga terdapat pabrik gitar Ibanez , selang beberapa waktu kemudian produsen gitar Ibanez expansi pabrik dan akhirnya membuka pabrik di Indonesia , lebih tepatnya di Mojokerto Jawa Timur .
                    Produsen gitar ini terus berinovasi dalam menciptakan Instrumen untuk memenuhi permintaan musisi di seluruh penjuru dunia , dulunya Ibanez memiliki 4 jenis lineup dalam produksi gitarnya yaitu :

1.Ibanez J-Custom ( Seri tertinggi hanya dijual di Jepang saja)
2.Ibanez Prestige (Seri Lineup Tertinggi)
3.Ibanez Non Prestige (Seri Menengah)
4.Ibanez Gio (seri Menengah-kebawah)

Dan pada tahun 2011 , Produsen gitar ini meluncurkan seri baru dalam Jenis Lineup gitarnya , yaitu Ibanez Premium , bisa dibilang ini 'kasta' baru dibawah Ibanez Prestige Series dalam jenis lineup produksi gitar Ibanez . Menurut saya sendiri produsen gitar ini meluncurkan seri lineup baru ini bertujuan untuk jalan tengah bagi para musisi khusunya gitaris yang menginginkan kualitas Prestige Series dengan budget yang kurang dari Prestige Series .

                   Nah kali ini saya akan membahas mengenai Ibanez Premium Series adik dari Ibanez Prestige Series . Yuk disimak :)

                  Dalam Lineup Premium Series , Ibanez meluncurkan beberapa model gitar yang termasuk Premium series yaitu untuk model gitar RG Premium , S Premium , ATK Premium dan SR Premium.
Kali ini saya akan sedikit menyinggung untuk RG Premium.

                  Premium series ini memiliki feel (terutama necknya) yang dapat dikatakan setara dengan Prestige Series namun dengan harga yang di bawah Prestige. Namun untuk elektroniknya masih di bawah Prestige Series namun tetap masih di atas seri non-Prestige. 

berikut Lineup RG premium Series :
Ragam finishing dari RG870

Dan Spesifikasi RG 870 :


Neck type     : 5pc Wizard 7 Maple/Walnut neck w/KTS™ TITANIUM Reinforcement
Body             : Quilted Maple top/American Basswood body
Fret               : Jumbo frets
Bridge           : Edge-Zero II -7 bridge w/ZPS3Fe
Neck pu         : CAP-VM17 (H) neck pu
Bridge pu      : CAP-VM27 (H) bridge pu
Hardware color   : Cosmo Black

5pc Wizard
          Untuk tipe neck RG Premium sudah menggunakan 5pc Wizard yang artinya tidak ada sambungan pada headstock dan neck , dibangung menggunakan kayu maple dengan lapisan luar menggunakan kayu Walnut. Neck ini diperkokoh dengan truss rod KTS™ Titanium , berbeda dari truss rod biasa yang menggunakan besi biasa , untuk semua seri Premium maupun Prestige menggunakan truss rod KTS™ yang berbahan dasar dari titanium dan bersifat lebih keras dan lebih ringan daripada truss rod biasa .


Pola Quilted Maple 
          Dan untuk Body , RG Premium berasal dari kayu Basswood dan atasnya dilapisi dengan kayu Quilted Maple .
           Untuk Fret menggunakan Jumbo fret , yang artinya fret itu dibuat fret agak besar dan bukan tipis , ini disetting agar fret tidak cepat habis kalau sering digunakan.
       

                                 





Egde-Zero II
      Sedangkan untuk bride , RG 870 menggunakan Edge-Zero II , Menurut saya tremolo ini lumayan bagus untuk stabilitas tunning akan tetap intune selama digunakan , Edge-Zero II menggunakan Sub Spring atau tambahan pada pegas , Sub spring ini bertujuan untuk mengembalikan posisi tremolo pada titik setimbang atau Zero Position . Kelemahan dari penggunaan sub spring ini ialah menambah tensi senar ketika kita mau melakukan Hyper bend up , kedua kita tidak bisa melalukan flutter pada tremolo dan yang terahir saat menggunakan Whammy Bar dalam bentuk divebomb ini akan memperberat beban tremolo karena ada tambahan pegas . Tremolo ini bisa dibuat untuk Floating Tremolo dengan cara melepas Sub Spring pada bagian belakang body gitar ,  tetapi pengalaman saya saat melepas sub spring menjadikan floating tremolo , dan pada saat digunakan untuk divebomb stabilitas tunning kurang baik dan kadang menyebabkan out of tune alias tidak stem .
Bagian belakang body , terdapat Main Spring dan Sub Spring

PU CAP-VM17/27

                 Untuk bagian Pickup atau singkatanya PU , RG premium ada yang menggunakan CAP-VM17/27 dan ada juga yang menggunakan DiMarzio IBZ , untuk CAP-VM17/27 buatan Ibanez sendiri , tetapi untuk DiMarzio IBZ dibuat oleh salah satu produsen pickup yang terkenal juga para endorsernya yang ternama yaitu DiMarzio , pickup ini dibuat untuk Produsen Gitar Ibanez tetapi kedua pickup tersebut didesain untuk High Output .



Dan satu hal lagi yang membanggakan dari seri Premium ini adalah :
Bagian Headstock pada Ibanez Premium Series
                   Di bagian headstock tertulis "Proudly Manufactured By Ibanez Premium Factory. Jawa Timur , Indonesia." Sesuatu yang membanggakan untuk indonesia dari para pembuat gitar di pabrik ini .

Sekian Sedikit Review tentang Ibanez Premium , Terimakasih :)

3 komentar: